“Dan hendaklah takut (kepada Allah SWT ) orang-orang yang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan)nya.

Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertaqwa kepada Allah dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar
(QS. An-Nisa’ : 9)

Rasulullah SAW bersabda : “Barang siapa yang keluar rumah untuk mencari ilmu maka ia berada di jalan Allah sampai ia pulang

(HR. Tirmidzi)

AJF

AJF
"DALAM KEBERSAMAAN KITA ADA KEMUDAHAN. . . DALAM KEMUDAHAN ADA KEBERHASILAN & DALAM KEBERHASILAN AKAN LAHIR KEBAHAGIAN" " M A R I JALIN UKHUWAH. . . INDAHKAN DUNIA DENGAN KEBAIKAN. . . " SATUKAN TEKAD RAIHLAH IMPIAN KITA. . . S E L A M A - L A M A N Y A "

Sabtu, 19 Juli 2014

Mengapa SEDEKAH ?

Sahabat, buat Anda yang masih ragu bersedekah.. 
Berikut aneka manfaat sedekah untuk Anda :


1.        Sebagai Obat dan melindungi harta.
Rasulullah Saw bersabda : “Obatilah orang yang sakit diantara kalian dengan sedekah, lindungilah harta kalian dengan zakat, dan bersiaplah menghadapi cobaan dengan do’a” (HR. Al-Baihaqi)
2.        Membersihkan dan mensucikan jiwa manusia (At-Taubah : 103)
3.        Melembutkan hati.
Rasulullah Saw bersabda ketika sesorang mengadu tentang hatinya yang keras, beliau bersabda : “Jika engkau engin melembutkan hatimu maka berilah makan kepada orang miskin dan usaplah kepala anak yatim” (HR. Ahmad) 


4.        Mencegah 70 keburukan. Rasulullah Saw bersabda : “Sedekah itu mencegah dari tujuh puluh keburukan” (HR. Ath-Thabrani)
5.        Meredam kemurkaan Allah & mencegah dari kematian yang buruk. Dari Anas ra, bahwa Rasulullah Saw bersabda : “Sungguh sedekah dapat meredam murka Allah dan mencegah dari kematian yang buruk” (HR. Tirmidzi)
6.        Kunci menjadi kaya. Allah Swt Berfirman : Katakanlah: "Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)". dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, Maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezki yang sebaik-baiknya (QS. Saba’:39).
Rasulullah Saw bersabda : “Tidaklah sedekah itu akan mengurangi harta” (HR. Muslim) juga dalam hadits Qudsi : “Hai anak Adam berinfaqlah niscaya Allah menafkahimu” (HR. Bukhari Muslim)
7.        Mendapatkan perlindungan dan naungan Arsy di hari kiamat. Rasulullah saw bersabda: “Tujuh kelompok yang akan mendapatkan naungan dari Allah pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya diantaranya yaitu: “Seseorang yang menyedekahkan hartanya dengan sembunyi-sembunyi sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfakkan oleh tangan kanannya.” (HR. Muttafaq ‘alaih)
8.        Didoakan oleh malaikat setiap hari. Rasulullah saw: “Tidaklah datang suatu hari kecuali akan turun dua malaikat yang salah satunya mengatakan, “Ya, Allah berilah orang-orang yang berinfaq itu balasan, dan yang lain mengatakan, “Ya, Allah berilah pada orang yang bakhil kebinasaan (hartanya).” (Muttafaq ‘alaihi)
9.        Allah akan melipatgandakan pahala orang yang bersedekah. (QS. Al-Baqarah: 245 & 261)
10.    Shadaqah merupakan indikasi kebenaran iman seseorang. Rasulullah saw bersabda, “Shadaqah merupakan bukti (keimanan).” (HR.Muslim)
11.  Pahalanya tetap mengalir walaupun sudah wafat. Dari Abu Hurairah. Rasulullah Saw bersabda : “Apabila seorang manusia itu meninggal dunia, maka terputuslah amal perbuatannya kecuali dari tiga sumber, yaitu sedekah jariah (wakaf), ilmu pengetahuan yang bisa diambil manfaatnya,  dan anak soleh yang mendoakannya.”(HR. Muslim).

2 komentar:

~An-Nur~ mengatakan...

salam eidul fitri dari malaysia

Akh Joko mengatakan...

ya, alhamdulillah.. terimakasih
Taqoballaahu minnaa wa minkum.. :)