“Dan hendaklah takut (kepada Allah SWT ) orang-orang yang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan)nya.

Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertaqwa kepada Allah dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar
(QS. An-Nisa’ : 9)

Rasulullah SAW bersabda : “Barang siapa yang keluar rumah untuk mencari ilmu maka ia berada di jalan Allah sampai ia pulang

(HR. Tirmidzi)

AJF

AJF
"DALAM KEBERSAMAAN KITA ADA KEMUDAHAN. . . DALAM KEMUDAHAN ADA KEBERHASILAN & DALAM KEBERHASILAN AKAN LAHIR KEBAHAGIAN" " M A R I JALIN UKHUWAH. . . INDAHKAN DUNIA DENGAN KEBAIKAN. . . " SATUKAN TEKAD RAIHLAH IMPIAN KITA. . . S E L A M A - L A M A N Y A "

Rabu, 29 Februari 2012

Memperkenalkan Pesantren "Griya Qur'an"

Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an (PPTQ) 

" Griya Qur’an Indonesia"


Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an (PPTQ) Griya Qur’an adalah sebuah lembaga pendidikan berupa Pondok Pesantren yang didirikan oleh Yayasan “Lentera Qur’ani”. 
Yayasan ini (sering disingkat YLQ)  berdiri tahun 2009 di Klaten, Jawa Tengah, Indonesia, dengan akta pendirian notaris Abdul Rajak, S.H. Nomor XIX ; tanggal 23 Juli 2009. Kemudian disempurnakan dengan SK KEMENKUMHAM RI No. AHU – 4738.AH.01.04 Tahun 2011.

 
Yayasan Lentera Qur’ani didirikan oleh sekelompok anggota sebuah Majelis Ta’lim di Gentan – Surakarta, yang dipelopori oleh Ustadz Muhammad Badawi. Para pendiri mempunyai latar belakang yang berbeda-beda, mulai dari karyawan, PNS, guru, dll. Walaupun latar belakang yang berbeda, namun masing-masing mempunyai komitmen dakwah yang sama; yakni membina generasi yang cerdas dan berakhlak Islami. Maka, diselenggarakanlah pendidikan keagamaan dengan penguatan pada menghafal Al-Qur’an.
Arah kebijakan YLQ ialah menyelenggarakan pendidikan keagamaan bagi kaum dhuafa’ dan yatim/piatu. Oleh karena itulah, Yayasan Lentera Qur’ani menyelenggarakan pendidikan keagamaan dengan program utama menghafalkan Al-Qur’an terutama bagi kaum dhuafa dan yatim/piatu yang direalisasikan dengan pendirian PPTQ (Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an) “Griya Qur’an”.

PPTQ Griya Qur’an mempunyai tujuan untuk mencetak generasi Qur’ani (seorang yang hafal al-qur’an/hafizh dan berakhlak Islami) yang memiliki kemampuan intelektual dengan keunggulan prestasi dalam berbagai disiplin ilmu. Pondok ini merupakan lembaga penyantunan. Griya Qur’an berupaya mengembangkan potensi yang dimiliki kaum dhuafa dan yatim/piatu yang terhalang permasalahan ekonomi dalam pendidikannya. Saat ini, PPTQ Griya Qur’an menyelenggarakan pendidikan umum bekerjasama dengan beberapa sekolah umum di sekitar pondok untuk mendukung pendidikan regulernya. Sedangkan waktu selebihnya, dioptimalkan untuk program Tahfizhul Qur’an dan Dirosah Islamiyah yang diselenggarakan di lingkungan pondok. Seluruh biaya pendidikan dan biaya hidup para santri ditanggung oleh yayasan.



PPTQ Griya Qur’an, terdiri dari :

A.GRIYA QUR’AN l

PPTQ Griya Qur’an l terletak di RT : 04 / 01, Desa Juwiran, Kecamatan Juwiring –Kabupaten Klaten, Propinsi Jawa Tengah. Saat ini Griya Qur’an masih menempati sebuah rumah yang cukup luas dengan status hak pakai yang direnovasi menjadi beberapa kamar tidur untuk ustadz dan para santri serta dilengkapi dengan sebuah ruang tamu dan aula. Rumah yang saat ini dijadikan tempat belajar yang asri berada di perkampungan yang nyaman, areal luas, dekat masjid, aula cukup luas, ruang tidur yang nyaman, dilengkapi almari untuk pakaian dan barang-barang pribadi. Ke depan, PPTQ Griya Qur’an berupaya mewujudkan gedung sendiri di atas tanah waqaf yang telah diperoleh dan siap bangun seluas  ± 1.200 m2 yang terletak 50 m dari pondok saat ini. Adapun pembangunan pondok tersebut menunggu terkumpulnya dana dari para donatur dan muzaqqi.

B.GRIYA QUR’AN ll
PPTQ Griya Qur’an ll terletak di RT : 01 / 03, Desa Demangan, Kecamatan Sambi –Kabupaten Boyolali, Propinsi Jawa Tengah. Saat ini Griya Qur’an ll menempati sebuah rumah Jawa yang cukup luas dengan status hak wakaf yang ditata menjadi beberapa ruang untuk kamar tidur ustadz danSantri, ruang belajar, ruang tamu dan aula. Rumah yang asri ini berada di perkampungan yang nyaman dan sejuk. Ke depan, PPTQ Griya Qur’an berupaya mewujudkan gedung sendiri di atas tanah waqaf yang telah diperoleh dan siap bangun seluas  ± 1.400 m2.

C.GRIYA QUR’AN lll
PPTQ Griya Qur’an lll terletak di Desa Ngawen, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Klaten, Propinsi Jawa Tengah. Saat ini Griya Qur’an lll menempati sebuah rumah yang cukup luas dengan status hak pakai yang ditata menjadi beberapa ruang untuk kamar tidur ustadz dan Santri, ruang belajar, ruang tamu dan aula. Rumah ini berada di tengah-tengah perkampungan warga yang nyaman dan sejuk.
Dengan didirikannya PPTQ Griya Qur’an l, ll dan lll tersebut, denyut kehidupan keagamaan masyarakat di sekitar pondok semakin meningkat, khususnya dalam pembinaan Taman Pendidikan Al-Qur’an dan Majelis Ta’lim. Para santri TPA dan masyarakat juga dapat menggunakan fasilitas gedung pondok untuk kegiatannya dengan bantuan ustadz dari PPTQ Griya Qur’an.

Subhanalloh, dan tahun 2014 ini telah mempunyai 6 cabang

informasi selengkapnya kunjungi di :

www.ponpesgriyaquran.com

jazaakumullah khairan katsiiraa

Tidak ada komentar: